Antara Wordpress dan atau Blogger / Blogspot

Antara Wordpress dan atau Blogger / Blogspot - Hmm... Mau curhat tentang blog, tepatnya mengenai platform yang digunakan untuk ngeblog. Mengenai pilihan ngeblog menggunakan layanan blog gratis dari bloggger / blogspot atau dari wordpress.com atau wordpress self hosting (menggunakan nama domain dan hosting sendiri). Sebelum kenal dengan dunia blog, awalnya saya belajar membuat website/wapsite menggunakan layanan gratis dari wen.ru, xtgem.com dan layanan sejenis lainnya.

Lalu melihat temen-temen pada punya nama domain sendiri, ahkirnya latah pengen juga punya web/wap dengan nama domain sendiri. Dan pada saat pertamakali punya domain tersebut, akhirnya pilihan jatuh menggunakan cms wordpress untuk domain pertama tersebut. Awalnya, memang cukup rutin dan rajin mengelola blog tersebut, masih rajin posting, blogwalking, dan lain-lainnya. Namun "petaka" datang ketika layanan hosting gratis yang saya gunakan secara sepihak menghapus akun saya yang mengakibatkan blog saya tidak bisa diakses.

Tidak menyerah, saya kembali bangun blog saya tersebut meski masih tetap menggunakan layanan hosting gratis, hehehe, dan... kejadian yang sama kembali menimpa, pihak hosting secara sepihak menghapus kembali akun saya tanpa pemberitahuan, yang mana menurut saya isi konten di blog sayapun tidak ada yang melanggar aturan (entah kalo menurut pihak hosting). Akhirnya sedikit demi sedikit semangat ngeblog pun mulai terkikis.

Domain memang saya pasangi lagi dengan cms wordpress dan masih tetap menggunakan layanan hosting gratis. Yang membedakan adalah, blog tersebut jarang sekali saya update dan nganggur begitu aja. Sampai pada akhirnya saya lupa memperpanjang (sebenernya sih antara lupa dan kurang peduli lagi) domain tersebut, karena pada saat itu saya malah masuk ke dunia game online keasyikan maen game-game online :D

Dan sekarang, semangat pengen ngeblog dan juga pengen mendapatkan penghasilan via internet kembali muncul. Dan pilihan untuk saat ini, saya ingin menggunakan layanan blog gratis dari blogspot dulu, dengan pertimbangan tidak perlu daftar domain dan juga hosting dulu, dan tentunya tidak perlu khawatir blog kita akan expired, kecuali dihapus oleh pihak blogger. Namun rasanya selama konten kita tidak melanggar syarat dan ketentuan dari blogspot, blog kita akan aman-aman saja untuk jangka waktu yang sangat lama, mungkin juga untuk selama layanan dari blogspot/google tersebut masih ada.

Kenapa gak milih menggunakan wordpress.com yang sama-sama gratis?
Secara pribadi jika menggunakan domain sendiri, saya memang senang menggunakan wordpress. Tapi untuk layanan yang gratisnya saya lebih suka menggunakan blogspot. Karena menurut saya blogspot lebih enak untuk di utak/ik ketimbang wordpress.com dan juga dengan alasan menggunakan blogspot ini dalam rangka ingin kembali mendaftar google adsense kedepannya, hehehe.

Jadi blog Olah Warta ini memang saya bangun dengan tujuan untuk berbagi dan juga berharap bisa menghasilkan uang tambahan dari blog ini kelak. Amiin.
Dan pada akhirnya, doa, kritik dan saran dari teman-teman blogger, pengunjung, dan pembaca akan saya terima dengan senang sekali, agar blog ini lebih menarik dan bermanfaat bagi banyak orang.