Hindari Pantai! Awas Tsunami Gempa Chile/Chili

Hindari Pantai! Awas Tsunami Gempa Chile/Chili - Chile diguncang gempa yang berkekuatan 8 Skala Richter (SR) yang berpotensi akan mengakitbatkan terjadinya tsunami, yang mana bisa berdampak pada sejumlah pantai yang ada di Indonesia. Untuk itu ada baiknya bagi para warga maupun mungkin wisatawan bisa menghindari dulu daerah di sekitar pantai, terlebih pada pantai-pantai yang dikhawatirkan akan mengelami dampak dari gempa yang terjadi di Chile tersebut.

Gempa Chile Earthquake
Gambar: beritasatu.com
Dan berikut dapat anda simak informasi selengkapnya mengenai gempa yang terjadi di Chile dan potensi tsunami yang bisa melanda sejumlah wilayah pantai Indonesia, yang disalin dari beritasatu.com

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan, gempa bumi besar berskala 8 skala richter (SR) pada kedalaman 10 kilometer (km) di Pantai Utara Cile atau 240 Barat laut Bombay India pada Rabu (2/4) pukul 06.46 WIB akan berdampak tsunami pada sejumlah pantai di Indonesia.

Peringatan dikeluarkan berdasarkan analisis penjalaran tsunami.

"BMKG telah menyampaikan peringatan dini tsunami tersebut kepada Posko BNPB," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, Rabu (2/4).

Indonesia Tsunami Early Warning Center (InaTEWS) BMKG telah mengeluarkan peringatan dini tsunami yang akan melanda beberapa wilayah di Indonesia. Ada 115 lokasi di kabupaten/kota dari 19 provinsi di Indonesia yang berpotensi terjadi tsunami.

Sutopo menjelaskan, tinggi potensi tsunami diperkirakan 0 – 0,5 meter. Sedangkan waktu kedatangan tsunami pada Kamis (3/4) pukul 05.11 WIB hingga 19.44 WIB.

Dia juga mengungkapkan, status peringatan adalah WASPADA. Artinya Pemda Provinsi/Kabupaten/Kota yang berada pada status WASPADA diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk menjauhi pantai dan tepian sungai di sekitar pantai.

"Waktu tiba gelombang dapat berbeda. Gelombang yang pertama bisa saja bukan yang terbesar," kata Sutopo.

Daerah di pesisir di Provinsi Papua seperti Kota Jayapura, Jayapura, Sarmi, Waropen, Biak Numfor, dan Supiori diperkirakan akan berpotensi terjadi tsunami pada pukul 05.11 hingga 05.51 WIB.

Demikian pula daerah lain seperti di Malut, Maluku, Papua Barat, Banten, Jatim, DIY, Jateng, Jabar, Lampung, NTB, NTT, Bali, Sulawesi dan Kaltim juga berpotensi tsunami dengan tinggi 0 – 0,5 meter dengan waktu bervariasi. "Daerah-daerah yang berpotensi terkena tsunami dapat di akses di www.bnpb.go.id," kata Sutopo.

Kepala BNPB, Syamsul Maarif, telah memerintahkan agar peringatan dini tersebut disampaikan kepada masyarakat dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). "Masyarakat dihimbau tetap tenang dan selalu waspada," kata dia.

Sebagai gambaran, akibat gempa besar di Cile itu, hingga kini sebanyak lima warga tewas. Dari korban tewas itu, dua karena serangan jantung dan tiga lagi diduga tertimpa reruntuhan bangunan.

Sementara itu, sekitar 300 tahanan melarikan diri dari penjara di Iquique, tak lama setelah gempa menghantam perairan tak jauh dari kota pelabuhan itu.

Sumber: http://www.beritasatu.com/nusantara/175236-19-provinsi-dan-115-kabupaten-akan-terkena-tsunami-akibat-gempa-chili.html
Dan itulah tadi informasi mengenai peringatan potensi terjadinya tsunami yang terjadi di sejumlah pantai Indonesia akibat gempa yang terjadi di Chile. Semoga saja tidak sampai terjadi tsunami dan hal-hal yang tidak diinginkan lainnya bagi wilayah Indonesia maupun wilayah-wilayah pantai lainnya.