Google Panda Update 4.0

Google Panda Update 4.0 - Semalam baru saja ane tulis atau lebih tepatnya boleh dibilang curhat mengenai kondisi blog Olah Warta yang sudah 4 hari terakhir ini mengalami penurunan kunjungan yang sangat drastis,yaitu pada tulisan Trafik Kunjungan Blog Menurun Drastis. Nah pagi ini sebelum menulis tulisan ini, saya melihat status teman fb yang menulis tentang Google Panda Update 4.0, dan langsung aja saya buka forum ads-id.com dimana seperti dugaan saya pasti akan ada informasi mengenai hal tersebut.

Google Panda Update 4.0

Disana sudah ada thread yang membahas mengenai Google Panda Update 4.0 tersebut, dimana ternyata tidak sedikit yang mengalami hal serupa yang saya alami yaitu penurunan kunjungan sejak 3 hari yang lalu. So, sejauh ini mulai sedikit terkuak mengenai pertanyaan 'apa yang terjadi dengan blog saya', yang ternyata karena memang google sedang melakukan razia / update yang disebut dengan "Google Panda Update 4.0". Dan ternyata saya salah satu termasuk yang terkena razia google tersebut.

Satu-satunya blog yang saat ini sedang saya kembangkan yakni blog Olah Warta ini yang sebelumnya per hari bisa mencapai rata-rata 2000 Unique Visitors, sudah 4 hari ini kunjungannya selalu menurun drastis tidak bisa mencapai angka 2000 UV. Namun, ada juga yang dengan adanya Google Panda Update 4.0 ini justru membuat situs/blog mereka mengalami kenaikan kunjungan yang signifikan, mencapai 50% bahkan lebih dari kunjungan-kunjungan sebelumnya.

Nah menurut informasi yang saya baca di thread yang membahas mengenai google panda update 4.0 di forum ads-id tersebut, blog yang terkena dampak update google kali ini adalah blog-blog yang kontennya dianggap masih kurang (entah kurang banyak ataupun kurang original alias copy paste), kemudian juga blog yang dianggap terlalu banyak menanam backlink (spam backlink). Nah, kalau blog Olah Warta ini sendiri saya sendiri masih bingung masuk ke kategori yang mana ya? Atau malah kena dua-duanya, konten yang dianggap masih kurang dan sekaligus backlink yang tidak natural dan berlebihan?

Entahlah, tapi rasanya seinget saya blog Olah Warta ini tidak terlalu banyak ane spam-in backlink. Konten juga kalo boleh dibilang lebih dari 50% nya adalah konten original, bukan copy paste. Tapi gatau juga kalau hukuman yang menimpa blog Olah Warta adalah karena terlalu banyak dan sering konten yang saya submit ke situs-situs sosial bookmarked. Karena waktu awal-awal kembali nulis dulu, memang setiap membuat tulisan biasanya langsung saya submit ke beberapa situs sosial bookmarking. Apa mungkin karena hal tersebut maka banyak backlink yang dianggap spam di mata google?

Entahlah apapun itu yang pasti sekarang ini blog Olah Warta sedang mendapat hukuman dari google akibat adanya google panda update 4.0. Fokus saya sekarang mau banyak-banyakin nulis dulu lagi biar perlahan namun pasti blog Olah Warta bisa kembali mencapi kunjungan yang stabil yang pernah didapatnya bahkan harus lebih baik dari sebelumnya. Aamiin.

Nah sekian dulu lanjutan curhat saya kali ini, untuk informasi lainnya mengenai Google Panda Update 4.0, anda bisa bergabung untuk berdiskusi atau sekedar menyimak informasi yang ada dengan mengunjungi thread di forum ads-id berikut ini: www.ads-id.com/forums/showthread.php/184305-Google-Panda-Update-4-0-Be-Careful-your-Optimation!?p=2418509