Perbedaan Adipura dan Kalpataru

Perbedaan Adipura dan Kalpataru - Saat ini sedang cukup ramai diperbincangkan mengenai Kalpataru. Namun perbincangan tersebut bukan memperbincangkan seseorang atau kelompok yang mendapatkan penghargaan Kalpataru tersebut. Banyaknya pembicaraan mengenai Kalpaturu tersebut buntut dari acara Debat Capres putaran terakhir malam tadi, dimana pada satu sesi Hatta Rajasa melontarkan pertanyaaan kepada kubu nomor urut 2, Jokowi-JK mengenai Kalpataru.

Perbedaan Adipura dan Kalpataru
Trofi Kalpataru, Gambar: wikipedia.com
Pada mulanya Hatta Rajasa menganggap Kalpataru adalah penghargaan bagi kota yang dianggap paling berhasil dalam bidang lingkungan hidup. Padahal yang benar Kalpataru adalah penghargaan bagi perorangan atau kelompok atas jasanya melestarikan lingkungan hidup di Indonesia.

"Saya ingin menanggapi, pertanyaan Bapak bagus, cuma keliru. Kalau kota itu bukan Kalpataru, tapi Adipura," kata Kalla seraya tertawa kepada Hatta dalam acara Debat Capres dan Cawapres putaran terakhir tadi malam.

Memang hal tersebut boleh dibilang cukup menyedihkan mengingat seorang pejabat negara yang kini sedang mencalonkan diri sebagai wakil Presiden tidak mengerti / entah lupa tentang apa yang diucapkannya. Namun, bisa diambil sisi positifnya juga mungkin, karena gara-gara kekeliruan tersebut kini kata Kalpataru dan Adipura menjadi banyak diperbincangkan. Dengan demikian, tentu masyarakat yang tadinya juga tidak tahu atau lupa akan pengertian dari dua penghargaan tersebut, kini bisa kembali ingat atau mengetahuinya.

Dan berikut dapat anda simak pengertian Kalpataru dan Adipura yang disalin dari laman wikipedia. Semoga dengan informasi ini, dapat membantu semua orang yang belum mengetahui perbedaan Adipura dan Kalpataru.

Kalpataru

Kalpataru adalah penghargaan yang diberikan kepada perorangan atau kelompok atas jasanya dalam melestarikan lingkungan hidup di Indonesia. Kalpataru sendiri adalah bahasa Sanskerta yang berarti pohon kehidupan (Kalpavriksha).

Adipura

Adipura adalah sebuah penghargaan bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan. Adipura diselenggarakan oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup.